Step by Step Cara Menyetrika Rok Plisket

Kain Plisket
Cara Menyetrika Rok Plisket

Cara menyetrika rok plisket yang baik dan benar adalah hal yang wajib Anda ketahui ketika Anda mempunya sebuah roko plisket, sebelumnya apakah Anda tahu apa itu rok plisket? Rok plisket merupakan jenis rok yang memiliki gelombang atau lipatan-lipatan kecil, lipatan ini menciptakan tampilan yang menarik. Proses pembuatan plisket biasanya melibatkan penggunaan mesin plisket khusus yang dapat membuat lipatan kecil pada kain. Teknik plisket telah digunakan dalam dunia fashion selama bertahun-tahun dan dapat ditemukan dalam berbagai gaya dan panjang rok, mulai dari rok mini hingga rok maxi. 

Rok plisket memberikan sentuhan yang feminim pada penampilan dan dapat digunakan di berbagai kesempatan. Penting untuk menjaga perawatan yang baik terhadap rok plisket. Periksa petunjuk perawatan pada label pakaian dan ikuti petunjuk pencucian, pengeringan, dan penyetrikaan yang dianjurkan. 

Rok plisket terbuat dari bahan kain yang tidak mudah kusut dan mudah untuk dibentuk, berikut ini adalah jenis bahan yang cocok digunakan untuk membuat rok plisket.

Jenis Kain Pada Rok Plisket 

Berikut ini adalah macam-macam kain yang sering diperlukan untuk membuat rok plisket yang harus Anda ketahui

1. Polyester

Polyester memiliki bahan yang ringan saat digunakan, selain itu polyester juga memiliki sifat yang tahan lama, dan mudah dirawat. Bahan ini juga memiliki kemampuan yang baik untuk mempertahankan lipatan plisket. Maka dari itu polyester menjadi kain yang sering dipergunakan untuk membuat rok plisket.

2. Satin 

Satin adalah jenis bahan kain yang sering diperlukan untuk membuat rok plisket karena memberikan tampilan yang elegan dan mengkilap. Satin biasanya terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau serat alami seperti sutra. Kain satin memiliki tekstur yang lembut dan licin, sehingga memudahkan proses plisket.

3. Chiffon

Chiffon adalah bahan kain yang tipis dan transparan. Kain ini memberikan efek yang anggun dan lembut pada rok plisket. Chiffon biasanya terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau serat alami seperti sutra.

4. Organza

Organza adalah bahan kain yang ringan dan kaku. Kain ini memberikan efek yang lebih tegas pada rok plisket. Organza umumnya terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau serat alami seperti sutra. Oleh karena itu organza sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan rok plisket. 

5. Krep

Krep adalah bahan kain yang tahan kusut dan memiliki tekstur yang kasar. Kain ini memberikan efek yang lebih kasual pada rok plisket. Krep umumnya terbuat dari serat sintetis atau serat alami seperti kapas.

Pilihan bahan untuk rok plisket bervariasi tergantung pada keinginan Anda, gaya yang diinginkan, dan kenyamanan saat digunakan. Pastikan untuk memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda agar rok plisket terlihat menarik dan nyaman saat Anda dikenakan.

Cara Menyetrika Rok Plisket yang Benar

Menyetrika rok plisket dengan hati-hati adalah hal yang penting untuk menjaga lipatan plisket tetap terjaga dan mempertahankan tampilan yang indah. berikut ini adalah langkah demi langkah bagaimana cara menyetrika rok plisket yang benar.

1. Siapkan Peralatan 

Pastikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan seperti papan setrika yang bersih, dan semprotan air atau pewangi pakaian. Periksa juga petunjuk perawatan pada label rok untuk memastikan Anda mengikuti instruksi yang tepat. Termasuk atur suhu yang tepat untuk menyetrika rok plisket.

2. Semprotkan Pewangi Pakaian

Semprotkan sedikit pewangi pakaian secara merata pada bagian rok yang akan disetrika. Hal Ini membantu menghilangkan kerutan pada rok plisket dan memudahkan proses setrika. Pastikan untuk tidak menyemprotkan terlalu banyak pewangi pakaian agar tidak membuat kain rok plisket terlalu basah.

3.Menyetrika Rok Plisket

Letakkan rok plisket di atas papan setrika dengan bagian plisket menghadap ke atas. Mulailah menyetrika bagian atas rok dengan gerakan halus dari atas ke bawah. Usahakan untuk menyetrika hanya bagian permukaan lipatan plisket. Setelah menyetrika rok plisket pada bagian pinggang, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencubit lipatan atas rok dan menariknya secara perlahan dari atas ke bawah. Jika perlu, sematkan jarum atau peniti di  lipatan rok agar tidak terlepas saat dijahit. 

4. Periksa Lipatan Rok Plisket

Setelah menyetrika bagian atas rok, dilanjutkan dengan menyetrika bagian tengah dan bawah rok. Pastikan untuk tetap fokus pada lipatan plisket dan jika lipatan masih terlihat kurang rapi maka setrika satu persatu lipatan rok dengan ukuran yang sama dan rapi pastikan menyetrika mulai dari atas ke bawah.

Pada saat menyetrika usahakan jangan menekan rok terlalu keras karena hal ini dapat merusak atau membuat permukaan plisket menjadi rata dan tidak memiliki lipatan yang bagus. Gunakan tekanan yang lembut dan pastikan suhu yang digunakan tidak terlalu panas.

5. Biarkan Rok Mendingin dan Ratakan

Setelah rok sudah terlihat rapi hal selanjutnya yang dilakukan adalah biarkan rok mendingin di atas permukaan yang rata seperti papan setrika, hal ini membantu mempertahankan lipatan rok agar tetap rapi. Setelah itu jangan melipat rok saat akan diletakan di lemari, usahakan gunakan gantungan baju agar lipatan rok tidak kusut. 

Itu dia beberapa langkah menyetrika rok plisket yang baik dan benar. Dengan mengikuti tata cara menyetrika rok plisket yang sudah dijelaskan diatas, Anda dapat menyetrika rok plisket dengan baik dan menjaga lipatannya tetap rapi. Ingatlah untuk selalu mengikuti petunjuk perawatan pada label pakaian dan menggunakan suhu setrika yang sesuai untuk menghindari kerusakan pada kain. Dengan perawatan yang baik, rok plisket Anda akan tetap terlihat menarik dan siap dipakai dalam berbagai acara.

Tags :
Kain Plisket
Share This :

Post Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *